Senin, 08 November 2010

Proyektor Kamera Mini

PROYEKTOR KAMERA MINI

Dibuat Oleh  AHMAD LUKMAN HAKIM, S.Pd ( Januari 2008 )
               Guru Mapel Ekonomi MAN 3 Kediri
A. Pendahuluan 
        Perkembangan teknologi dibidang pendidikan semakin maju baik bentuk maupun jenisnya. Manusia mulai berpikir bagaimana informasi yang akan disampaikan mudah diterima dan dipahami setiap orang. Media yang digunakan bermacam-macam jenisnya, seperti perangkat amplifier, televisi, telepon, internet, computer/laptop dan sebagainya. Untuk memperolehnya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, puluhan juta rupiah. Selain itu, tidak setiap sekolah mampu membelinya dan tidak semua orang mampu menggunakannya.  
        Melihat fenomena tersebut, perlu dicarikan solusinya media apa yang cocok untuk menyampaikan informasi dan sesuai kemampuan manusia dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah media yang mudah digunakan, efesien dan efektif sebagai pengganti komputer atau lapotop yang diberi nama “ Proyektor Kamera Mini “ yang dibuat pada tanggal 6 Januari 2009. Media tersebut dipakai untuk kalangan sendiri dan dipersembahkan bagi Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3 untuk melengkapi media yang ada, agar para guru yang kurang mampu mengusai program komputer misalnya power point, dapat mempresentasikan karyanya atau mata pelajaran..
B. Ruang Lingkup Proyektor Kamera Mini 
         Apakah Proyektor Kamera Mini ? Proyektor Kamera Mini merupakan sebuah alat atau media yang dapat membaca atau menerima obyek baik berupa transparansi ataupun benda nyata yang berada didekatnya. Obyek yang diterima bersifat asli. Misalnya, photo kita ukuran 3 x 4 cm . Untuk melihat hasil obyek yang diterima, media atau alat tersebut harus dihubungkan dengan televisi atau LCD proyektor.
        Media ini sangat cocok bagi mereka yang tidak menguasai program-program computer seperti power point atau jumlah computer atau  laptop terbatas. Untuk menyampaikan informasi tulisan perlu disiapkan tulisan di selembar kertas baik diketik ataupun tulisan tangan dengan spidol kecil pada kertas maka tulisan tersebut sudah dapat dibaca . Jika tidak ada tulisan pada lembaran kertas, buku pelajaranpun dapat di fokuskan dengan alat ini. Selain dapat memfokuskan obyek benda, media ini dilengkapi VCD player  sebagai pengganti Cd room pada computer dan amplifier menghasilkan suara dari VCD player dan input suara lainnya.

C. Data Spesifikasi
Power Amplifier
1 Watt - 4 watt
Kamera CCTV
Model 838 A , infra merah
Video Output
1VP – P75 Ohm
Power AC
220 -240  Volt
VCD player
MP3, MPEG

D. Bahan Dan Cara Pembuatan
     1. Bahan atau Alat
No.
Nama Bahan
Ukuran
Jumlah
Harga
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Kayu triplek
Pipa besi diameter 1 ½  cm
Pipa aluminium diameter  0,5 cm
Skotlet warna hitam
Kamera CCTV Analog
Kit Amplifier
VCD player/MPEG
Jepit kertas  ( Map plastik)
Bahan lainnya ( kabel, mur dll)
50 cm2
60 cm
10 cm
60 cm2
Mini
5 Watt
Mini
-
-
1 lembar
1 buah
1 buah
1 lembar
1 buah
1 set
1 set
1 buah
Secukupnya
Rp   3.000,00
Rp 20.000,00
Rp    1.000,00
Rp  10.000,00
Rp 125.000,00
Rp   20.000,00
Rp 200.000,00
Rp     2.000,00
Rp   20.000,00
J U M L A H
Rp 401.000,00

2. Cara Pembuatan
       a. Kayu tripek dipotong-potong dan kemudian dibentuk kotak persegi panjang   dengan ukuran panjang 40 cm, lebar  25  cm dan tinggi 8 cm.
          b. Buatlah tutup dan pada bagian bawah dipasang engsel pintu kecil(diklem) dan  bagian atas  dipasang penjepit kertas dengan ukuran 40 cmx 25 cm. 
        c. Lubangi bagian depan untuk penempatan potensiometer ( bas, treble , volume VCD, soket mic dan volume mic), sklar dan jack mikropun. Bagian samping kanan dilubangi untuk memasang tiang penyangga kamera. Pemasangannya gunakan baut mur 
       d. Balutlah atau tempelkan kotak tersebut dengan skotlet warna hitam seluruhnya . Jika tidak tersedia skotlet warna hitam, dapat diganti cat kayu sesuai selera agar lebih indah. Hal ini dilakukan sebelum perlengkapan elektronik dipasang.              
       d. Buatlah penyangga kamera, bahannya dapat menggunakan bekas tiang penyangga mikropun atau yang sejenisnya.  Pipa tersebut dibuat dua bagian. Bagian pertama menempel  pada kotak dengan panjang 30 cm sebagai tiang penyangga yang dapat dinaikan atau diturunkan dan bagian kedua sebagai penyangga  kamera CCTV yang terbuat dari aluminium dengan panjang 10 cm. Keduanya disambung dengan sambungan berbentuk “ T “ .Tiang penyangga tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga kameranya dapat digerakkan naik turun dan berputar.  Tinggi rendahnya dapat disesuaikan dengan fokus kamera CCTV dengan cara kameranya difokuskan pada tulisan dan sampai menghasilkan gambar yang sangat jelas pada televisi atau LCD proyektor. Pada ujung lensa kamera dapat diputar-putar sampai hasilnya maksimal.   
 e.  Pasang Kamera CCTV pada  ujung pipa bagian kedua dan sambungkan kabel    video ( warna kuning) dan kabel arus DC ( warna merah)  dari   kamera ke sklar  pembagi input kamera dan VCD player  . Pada tahap ini, power supply dalam keadaan sudah terpasang atau dirakit. )
       f.  Letakkan/Kit VCD player di dalam kotak. Output audio dan video dihubungkan     ke sklar pembagi input.
             g.  Bila langkah diatas sudah selesai, media tersebut siap digunakan alat Bantu berupa televise atau 
                  LCD    proyektor.
E.  Cara Penggunaan/pemasangan
   1.  Sediakan proyektor LCD dan layar , hubungkan Proyektor Kamera Mini   dengan  kabel video singgle warna kuning ( Jack RCA) ke input video. Sambungkan kabel        jack AC  ( samping kanan)   kanan) ke jaringan PLN, lalu tekan sklar On ( lampu   nyala merah) .     
  2.  Jika menggunakan televisi gunakan kabel audio ( jack warna merah) dan video (jack   warna  kuning) dan hubungkan ke input AV pada televisi.
  3.  Letakkan meteri pelajaran baik berbentuk ketikan atau tulisan tangan  di selembar       kertas ukuran folio, buku diktat, gambar atau benda nyata ukuran kecil di bawah kamera CCTV. Kemudian tekan saklar video (warna hitam).
  5.   Jika materi pelajaran berupa kaset VCD, buka tutup proyektor dan masukkan    kaset ke  VCD palyer, tekan tombol play. Sklar Video jangan ditekan.   Aturlah “Tone Control “  sesuai selera. 
  6   Bila suara anda kurang keras gunakan mic. Masukkan jack mic yang telah tersedia   di  Proyektor Kamera Mini. Atur volume mic sesuai selera. Untuk lebih  keras  lagi,  hubungkan   dengan speaker   aktif.
  7.   Jika tidak dipakai, media tersebut dapat dilepas kamera dan tiang penyangga dengan    cara memutar sambungan pipa warna hitam. Selamat mencoba .



 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda