Sabtu, 16 April 2011

SKL (Standar Ketuntasan Kelulusan )




  Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum KTSP Tingkat SMA/MA
 
No
SKL
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
1.
Memahami permasalahan ekonomi, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen,  permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Mendeskripsikan kelangkaan dan masalah pokok ekonomi.
Siswa dapat mendeskripsikan masalah pokok ekonomi modern
Mengidentifikasi peran konsumen atau peran produsen dalam perekonomian Indonesia.
Siswa dapat mengidentifikasi peran konsumen dalam perekonomian
Mengidentifikasi, ciri-ciri, kelemahan, atau kelebihan sistem ekonomi.
Siswa dapat mengidentifikasi sistem ekonomi pasar
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan harga keseimbangan dengan tabel, kurva, dan perhitungan matematik.
~ Siswa dapat menentukan fungsi permintaan
No
SKL
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL




~ Siswa dapat menghitung besarnya elastisitas harga penawaran
Mengidentifikasi ciri, fungsi pasar, atau bentuk pasar (pasar barang dan pasar faktor produksi).
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk pasar
2.
Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, uang dan perbankan.
Mendeskripsikan kebijakan fiskal atau kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah.
Siswa dapat medeskripsikan kebijakan fiskal.
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, dan pendapatan nasional.
~ Siswa dapat mendeskripsikan konsep PDB
~ Disajikan data pendapatan nasioanal, siswa dapat menghitung besarnya pendapatan nasional menurut pendekatan pengeluaran
No
SKL
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL




Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi serta perhitungannya.
Siswa dapat menentukan jenis inflasi
Mengidentifikasi fungsi tabungan dan fungsi konsumsi (dengan grafik, tabel serta perhitungannya).
Siswa dpt menghitung besarnya konsumsi
Mendeskripsikan uang dan bank.
Siswa dapat mendeskripsikan tugas Bank Sentral
3.
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal.
Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi serta indikatornya.
Siswa dapat menjelaskan masalah masalah pokok
dalam pembangunan
Mendeskripsikan konsep, tujuan, dan fungsi APBN atau APBD, dan sumber-sumber pembiayaannya.
~ Siswa dapat menjelaskan fungsi APBN
No
SKL
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL




~ Siswa dapat menyebutkan sumber penerimaan negara
Menghitung pajak (PPh atau PBB).
~ Disajikan data luas tanah dan bangunan, siswa dapat menghitung pajak bumi dan bangunan sesuai dengan aturan yang berlaku



~ Disajikan data penghasilan seseorang, siswa dapat mengitung pajak Pph sesuai dengan peraturan pemerintah

Mendeskripsikan perdagangan internasional, neraca pembayaran atau kebijakan perdagangan internasional.
Siswa dapat menjelaskan salah satu kebijakan perdagangan internasional

No
SKL
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL


Mendeskripsikan valuta asing dan pasar modal serta perhitungannya.
Disajikan data nilai kurs valas, siswa dapat menghitung nilai kurs valuta asing suatu negara

4.
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.
Mencatat transaksi keuangan ke dalam persamaan akuntansi.
~ Disajikan data transaksi, siswa dapat mencatat transaksi ke persamaan akuntansi

~ Siswa dapat mencatat akun pada persamaan akuntansi sesuai dengan hasil analisis

Mencatat transaksi perusahaan jasa dalam jurnal atau buku besar.
~ Disajikan data transaksi, siswa dapat mencatat transaksi ke jurnal umum


































0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda