Sabtu, 30 April 2011

Trik Membeli Lapotop Bekas


     Saat ini  sudah banyak laptop yang beredar dipasaran dengan hargan yang bervariasi, tergantung merek, tipe dan spesifikasi yang ada didalamnya. Apabila uang tidak cukup untuk membeli laptop baru,maka membeli laptop/netbook bekas. Dalam membeli laptop/netbook bekas Anda harus teliti dan berhai-hati .Ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti merek, kondisi fisik,  kondisi komponen laptop dan sebagaianya
1.       Kebutuhan
      Laptop yang akan kita beli disesuai dengan pekerjaan yang dilakukan baik ringan maupun berat. Kebutuhan penggunaan laptop berpengaruh pada spesifikasi di dalam laptop. Laptop untuk pekerjaan berat lebih baik daripada laptop untuk pekerjaan ringan. Setiap merek laptop mempunyai spesifikasi yang berbeda. Spesifikasi laptop dapat dilihat pada brosurnya.
     2.       Merek
      Setiap merek biasanya menawarkan berbagai pilihan model, tipe, warna atau spesifikasi yang bermacam-macam.  Merek laptop terkenal kemungkinan memiliki kualitas cukup baik meskipun dalamkondisi bekas, seperti Tosiba, Acer, Sony, Samsung, Axioo
     3.       Kondisi Fisik
      Laptop bekas tentunya mengalami perubahan pada kondisi fisik yang bisa mengalami rusak atau cacad, seperti casing, layar, keyboard dan touchpad.
     4.       Kondisi komponen
a.       Prosesor, merupakan komponen utama sebagai otak penggerak sistem opersional windows 
      Setiap prosesor memiliki spesifikasi yang berbeda, Semakin banyak memori dan frekuensi yang dimiliki  semakin baik, misalnya: Core 2 Duo lebih baik Intel Pentium IV.
b.      Memori RAM ( Read Acces Memory) digunakan untukmenyimpan sementara data informasi pada laptop. Kapsitas setiap memory berbeda-beda yang beredar dipasaran misalnya 512 MB,  1 GB
c.       Harddis, komponen yang digunakan untukmenyimpan data informasi berkapasitas besar, mulai ari 80 GB sampai dengan 250 GB
d.      VGA card, komponen untukmengolah dan mengontrol data grafis yang selanjutnya ditampilkan pada layar monitor. Semakin besar kapasitas VGA Card semakin jernih hasil tampilan pada layar.  Untuk penggunaan Game player dibutuhkan VGA Card berkapsitas besar.
e.      Sound Card, komponen untuk mengolah dan mengontrol suara kemudian dikeluarkan melalui speaker.
f.        Optical Drive ( DVD /CD drive, CD-RW, DVD-RW)
g.       Webcam, kamera digital kecil yang dapat digunakan untuk mengambil gambar atau video secara langsung
h.      Wifi, komponen untuk mengakses internet melalui jaringan tanpa kabel ( hotspot) sudah terpasang secara onboard pada laptop.
i.         Bluetooth, komponen untuk mentrasfer data informasi denga perangkat lain dalam jarak yang dekat.
j.        Card Reader, komponen yang bisa membaca kartu memory sperti MMC, Micro SD, Memory Stick dan lain-lain.
k.       Konektor, alat yang memungkinkan anda menghubungkan dapat menghubungkan laptop dengan perangkat tambahan eksternal yang lain seperti USB, Network, Sound, Power, Card Reader ( dapat diperiksa pada casing )
l.         Baterai sebagai sumber energi  laptop.
m.    Charger, alat untuk mengisi ulang daya  baterai laptop
5.       Memaksimalkan Penggunaan
       Pada saat membeli jangan ragu-ragu menggunakan laptop secara maksimal. Hal ini untuk mengetahui  kinerja laptop. Jika waktu loading membuka aplikasi cepat berarti laptop kondisi baik.
6.       Segel ( rusak, sudah diganti, tanggal segel, jumlah segel )
7.       Garansi. Jaminan masa pemakaian
8.       Perlengkapan tambahan ( CD/DVD driver, charger, buku manual, tas, mouse dll)
9.       Layanan Purna  Jual ( layanan servis, ketersediaan komponen, harga jual kembali )

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda